Sabtu, 12 Maret 2011

MENJADI PEMAIN YANG AKTIF DALAM ERA GLOBALISASI. BUKAN HANYA MENJADI PENERIMA YANG PASIF.

keinget sama tugas globalisasi pas SMP, cekidot


Assalamualaikum Wr.Wb
Globalisasi.
mungkin globalisasi sekarang udah tenar tenarnya. Tapi mungkin juga banyak yang ga tau apa itu globalisasi. Menurut saya globalisasi itu adalah suatu tindakan yang mendunia. Karena globalisasi jarak jarak antar negara itu seakan akan udah ga ada batasnya. ya contohnya aja kita sekarang dapat mendapat berita dari seluruh pelosok dunia dalam hanya hitungan menit, bahkan detik.

nah selain itu juga masih banyak keuntungannya. Contohnya :

1. dengan mudahnya produk produk import yang masuk kedalam negeri yang bakalan nambahin devisa negara
2. dengan mudah dapat mengenal budaya budaya luar negeri
3. teknologi pun sekarang makin canggih
Yah masih banyak lagi lah pokoknya.

Tapi yang namanya ada tambah pasti ada kurang. Yang ini juga sama ada yang negatifnya. Contohnya :

1. karena produk import mudah mausk ke dalam negeri jadi menggeser produk dalam negeri
2. dengan gampang mengenal budaya asing budaya sendiri di lupain. padahal budaya kita kan banyak sayang banget kalau ga di manfaatin.
3. teknologi canggih malah buat orang jadi males. emg aneh si. aturan kan malah lebih rajin dong karena belajar tidak hanya dibuku lagi, tapi ini malah jadi males.
4. manusia jadi ingin hidup instant. banyak junk food. padahal nasi padang milik indonesia juga siap saji tuh.
Dalam era seperti ini sebaiknya kita harus pintar pintar menyikapinya. Kata pak Victor "Kalian jangan mau dipermainkan oleh rumus dan angka, tetapi coba kalian yang harus mempermainkan angka dan rumus tersebut." Dari kata kata tersebut saya juga dapat mengganti kata kata rumus dan angka menjadi kata Globalisasi. Seperti kata kata saya ini nih "Coba kita memainkan globalisasi, jangan hanya mau di permainkan saja." BOSEN KALI.. "Coba kita jadi pemain dalam era globalisasi ini, jangan hanya menjadi penonton" kata pa Sopyan. kalau kita hanya jadi penonton yang bisanya hanya menerima secara pasif doang mah bosen. coba jadi pemainnya kan lebih seru. dari pada nonton doang. hahha

oleh karena itu ini lah yang akan saya lakukan dalam menghadapi era globalisasi ini.

1. harus peka terhadap kondisi yang berbau globalisasi yang ada di sekitar kita

2. kita harus melestarikan budaya budaya indonesia. karena sayang kali kalau budaya kita yang banyak ini harus diambil oleh orang orang negara lain.
3. harus mencintai produk produk dalam negeri.
4. jangan salah bergaul, yang nantinya akan menjerumuskan diri sendiri.

sebentar sebentar.. saya akan menjelaskan yang 4 poin di atas ini.
maksud dari no :

1. jadi kita tuh harus peka terhadap kondisi yang berbau globalisasi dan jangan malah menutup diri terhadap globalisasi. karena bila kita menutup diri. maka kita tidak akan tau sampai mana perkembangan sesuatu bidang itu. dan kita pun akan menjadi orang yang tidak tau apa apa tentang sesuatu yang berbau globalisasi. yah contohnya komputer sama internet lah. 

2. nah kita kan tau kalau budaya Indonesia itu banyak dan kaya banget budayanya. dan banyak juga orang luar negeri yang kenal dan bisa memainkan budaya kita tersebut. nah kalau kita tidak melestarikannya. ntar malah di ambil lagi ma orang orang luar tadi. ntar jadi ga kaya lagi deh budayanya. makanya kalau ga mau di ambil negara lain. LESTARIKAN DONG TUH BUDAYA JANGAN NGOMONG DOANG.

3. kita harus mencintai produk dalam negeri, karena bila kita memakai produk produk dalam negeri tentu yang pembuat yang dalam negerinya pun untung. tapi jika kita membeli produk produk luar negeri. siapa yang untung coba??? apa yang untung itu GIGIH LAKSONO? SATRIO WIBOWO? yah mereka mah temen saya, kalau mereka yang untung mah gpp, mereka orang indonesia. tapi kan yang untung orang luar, kita aja bantu orang dalem negeri aja masih ga mampu. masa udah mau bantu orang lain. haaaddduuuhh. gaya mulu sih.

dan yang terakhir yang ke 4.

4. nah kita kan udah lumayan dewasa lah. remaja deh remaja. tapi kan kalau udah segini kan bisa tau mana yang baik dan mana yang buruk. ya kita jangan ngikut yang buruk aja kok. gampang. walaupun banyak godaannya. karena seminggu yang lalu pas PAK SOPYAN menerangkan kata pak sopyan "JANGAN PERNAH SALAH BERGAUL, KARENA KALAU SALAH BERGAUL APALAGI ITU MELANGGAR HUKUM, NORMA DAN AGAMA. MAKA HIDUP KAMU AKAN TERSIKSA DAN TIDAK ENAK." (kalau ga salah si gitu, inget dikit dikit doang, ya setidaknya saya memperhatikan)

oleh karena itu coba kita mengikuti sikap positifnya.

mungkin hanya sedikit yang bisa saya sampaikan, tetapi coba kita cermati dan ambil nilai nilai positifnya. dan mudah mudahan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar